Perubahan nama Kabupaten menjadi Kabupaten Sijunjung

Perubahan nama Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung menjadi Kabupaten Sijunjung yang diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2008, diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri RI, Mardiyanto, dalam rapat pleno istimewa DPRD, di gedung Pancasila Muaro Sijunjung, Selasa 12 Maret 2008.


Senin, 28 April 2008

PEMILIHAN NAGARI BERPRESTASI

SIJUNJUNG(27/04/08) - Pemerintah dan lembaga serta masyarakat Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari, siap untuk berkompetisi di tingkat Sumbar dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, jika terpilih sebagai nagari terbaik pertama di tingkat Kabupaten Sijunjung.

Dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, pemerintah Kecamatan IV Nagari selalu menampilkan yang terbaik. Khusus tahun 2008 ini, Muaro Bodi yang diunggulkan, bukan hanya sekedar untuk berkompetisi di tingkat kabupaten, tapi juga menyiapkan diri ke provinsi, bila diberi kepercayaan, kata Camat IV Nagari, Irzal Zamzami, M. Si.

Muaro Bodi diyakini siap untuk berkompetisi di tingkat provinsi, ulas Irzal, karena rakyat setempat telah menerapkan sistim membangun nagari, bukan pembangunan nagari.

Artinya, segala sesuatunya dibangun oleh masyarakat melalui kebersamaan dengan memanfaatkan potensi yang ada. Sementara pemerintah hanya menfasilitasi. Karena partisipasi warga cukup tinggi, hasil akhir pembangunan nilainya lebih besar dari dana yang dikucurkan.

Sistim pembangunan yang diharapkan pemerintah bisa terlaksana di Muaro Bodi karena Drs. H. E. Nangkodo St. P yang mengemban amanah dan kepercayaan memipin nagari, dalam menggulir roda pemerintahan, setiap akan melaksanakan program, selalu mendauluinya dengan musyawarah mufakat, sehingga berbagai kegiatan yang dilakukan didukung sepenuhnya oleh rakyat.

Siapnya Nagari Muaro Bodi berkompetisi di tingkat Sumbar sebagaimana dikatakan camat, cukup beralasan. Karena pembangunan serta program dan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah nagari bersama berbagai lembaga, organisasi dan masyarakat, terlihat nyata.

Menurut hemat Singgalang, kemajuan pembangunan dan keelokan pisik nagari, sudah terlihat sejak memasuki Muaro Bodi. Jalan yang dilalui tidak saja bersih dan rapi, tapi juga berpagar kokoh dan bercat putih.

Pagar yang menambah indahnya jalan yang dilalui, terlihat jelas tidak dibuat menjelang Nagari Muaro Bodi berkompetisi di tingkat Kabupaten Sijunjung, tapi sudah ada jauh sebelumnya.

Selain jalan, Kantor Walinagari Muaro Bodi yang bertingkat dua, juga terlihat bersih dan rapi. Di halamannya yang berpagar tembok dengan cat berwarna warni, terdapat taman bunga dengan beraneka warna yang mampu menambah indahnya bangunan kantor.

Sementara ruangan kantor yang berlantai kramik, seluruhnya tertata rapi, baik itu ruangan wali dan sekretaris nagari, maupun ruangan Kaur Kesra, Kaur Pembangunan, pengelola administrasi umum dan ruangan bendahara.

Disamping itu, hampir seluruh data nagari dan data kegiatan terpajang dengan apiknya pada dinding kantor. Bahkan keterangan pelayanan administrasi surat menyurat, ditempelkan.

Hebatnya, dengan membayar administrasi Rp3 ribu dan Rp5 ribu, surat yang dibutuhkan masyarakat dituntaskan dalam waktu setengah jam. Baik itu surat keterangan kependudukan, kelahiran, kematian maupun surat pindah, surat jalan, surat keterangan tidak mampu serta SKPD dan SKBB. -nas

Tidak ada komentar:

Join Vinefire!